Chili Diguncang Tiga Gempa

Gempa Chili 7,2 Sr - iga gempa bumi kuat mengguncang Chili pada Kamis (11/3) pagi, disaat diadakannya pelantikan presiden baru. Menurut US Geological Survey, gempa berkekuatan 7,2 SR menghantam pada pukul 11:39 waktu setempat, diikuti dengan gempa berkekuatan 6,9 SR 16 menit kemudian. Gempa ketiga berkekuatan 6,0 SR menyusul 27 menit kemudian.

Guncangan Gempa Chili yang datang berurutan ini merupakan gempa susulan paling kuat yang mengguncang Chili sejak gempa yang terjadi 27 Februari lalu di pantai barat negara itu, dimana banyak bangunan roboh dan menyebabkan gelombang tsunami yang menewaskan ratusan orang.

Gempa pertama yang terjadi Kamis (11/3) pagi tersebut terjadi di dekat wilayah Libertador General Bernardo O'Higgins, dekat pantai Chili, dimana otoritas Chili siap untuk melantik seorang presiden baru, Sebastian Pinera.

Pusat gempa sendiri berada sekitar 95 mil (152 km) selatan-barat daya dari ibukota Santiago, dan sekitar 90 mil (145 km) dari Valparaiso, dimana Pinera akan dilantik. Rekaman televisi setempat menunjukkan acara pelantikan tersebut terlihat tanpa hambatan berarti.

Gempa kedua dengan kekuatan 6,9 SR terjadi di sekitar 89 mil (143 km) barat daya Santiago. Gempa terakhir terjadi sekitar 86 mil (138 km) barat daya Santiago. Dilaporkan bahwa gempa ini tidak menimbulkan kerusakan maupun korban jiwa.
Chili Diguncang Tiga Gempa Chili Diguncang Tiga Gempa Reviewed by Liliana Rambawes on 9:15:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.